Hidup ini harus kaya meski kekayaan tidak dapat dibawa mati, uang tidak dibawa mati, mobil tidak dibawa mati, rumah juga tidak dibawa mati, tapi lihat dan renungkan kalimat-kalimat yang menghantarkan Sobat menjadi Kaya Bukan Sekedar Kaya berikut:

– MOBIL tidak dibawa mati, tapi ketika mobil Anda dipakai untuk ke Masjid, dipakai untuk mengantar anak yatim sekolah, mengantar tetangga yang sakit.

Apa itu tidak dibawa mati sebagai amal?

– UANG tidak dibawa mati, tapi ketika uang itu menjadi nafkah buat orang tua, nafkah buat istri, dan menjadi warisan buat keluarga yang ditinggalkan, itu akan menjadi amal.

Apa itu tidak dibawa mati?

– RUMAH tidak dibawa mati, tapi ketika rumah itu menjadi tempat tinggal anak yatim, menjadi pelindung buat keluarga, apa itu tidak dibawa mati? Apa itu tidak menjadi amal?

Untuk itu, ayo Sobat kita belajar bersama tentang ilmu agama lebih giat, belajar juga tentang ilmu bisnis. Harapan besar yang ada, Menjadi Kaya Bukan Sekedar Kaya. di akhirat dapat GANJARAN, di Dunia dapat BAYARAN. Karena itulah seorang Muslim wajib memiliki Usaha dan Kekayaan.

Berbagi Rasa Itu memang Sulit, namun akan indah pada Akhirnya ..

Namun, predikat sukses juga layak disematkan pada seorang Muslim yang masih bersatus mahasiswa dan sudah mulai berbisnis atau membuka usaha saat kuliah. Pun juga seorang Santri.

Cocok dengan pameo “lebih cepat lebih baik”, mereka yang berbisnis sejak kuliah maupun mondok punya banyak kelebihan yang tidak dimiliki pihak lain.

Kemampuan melihat peluang, skill managerial dan marketing, hingga paham arti kerja keras dan disiplin. Yang pasti, status sebagai mahasiswa/santri justru menjadikan peluang suksesmu semakin besar.
Ada beberapa alasan, mengapa sebagai seorang muslim harus berusaha untuk kaya. Tentu saja kekayaan yang kita dapatkan harus merupakan harta yang halal dan barakah (barakah: menambah kebaikan). Beberapa alasan mengapa kita harus kaya antara lain adalah sbb:

1. Banyak ibadah dalam agama Islam yang dalam pelaksanaannya membutuhkan harta, atau jika didukung dengan harta maka ibadah akan lebih sempurna dalam melaksanakannya; seperti sholat, zakat, haji, umrah, mencari ilmu, silaturrahim, menjenguk orang sakit, menguburkan jenazah, menghadiri undangan pernikahan, memulyakan tamu, menyantuni anak yatim, berbuat baik kepada orang tua, berbuat baik kepada tetangga, dan bahkan jihad fii sabilillah, semua itu memerlukan biaya.

2. Sholat yang sempurna bagi kaum lelaki adalah yang dilaksanakan di masjid, untuk membangun masjid dan mengurusnya agar masjid tetap bersih, rapi, aman dan nyaman untuk pelaksanaan ibadah, ada imam yang  mantap serta siap dan bener serta ajeg agar bisa men- jlep-kan  kedalam hati para makmum , ada muadzin yang menjaga waktu sholat dan lain sebagainya, semua itu perlu biaya operasional agar masjid menjadi makmur. (Apalagi nih ye, sekarang banyak para Imam yang hanya mengharapkan sodaqoh, Gan)

3. Shaum pada dasarnya dianggap sebagai ibadah yang hampir tidak membutuhkan biaya, akan tetapi apabila kita ingin mendapatkan pahala yang maksimal, akan lebih mudah kita capai kalau kita memiliki banyak harta, yaitu dengan memberikan buka puasa kepada sebanyak mungkin orang yang menjalankan shaum. Dengan memberikan buka puasa kita akan mendapatkan pahala tambahan sebanyak pahala orang yang kita beri hidangan buka puasa. Jika tiap hari kita dapat memberikan hidangan buka puasa kepada 100 orang maka dalam satu bulan kita dapat memberikan buka puasa kepada 3.000 orang, sehingga pahala puasa kita bukan hanya 30 hari, tetapi pahalanya adalah puasa 30 + 3.000 hari.

4. Agar kita dapat menjalankan rukun Islam berikutnya, yaitu zakat, maka kita perlu dan harus menjadi orang kaya, minimal kita memiliki harta yang sudah mencapai nishab (batas minimal kekayaan yang harus dikeluarkan zakatnya), misalnya adalah memiliki tabungan senilai 20 dinar emas (sekitar 85 gram emas).

5. Untuk menyempurnakan rukun Islam yang ke lima, ibadah haji ke tanah suci, kita juga membutuhkan banyak uang, kalau tidak kaya, akan sulit bagi kita menyempurnakan rukun Islam yang ke lima ini. Selain haji, kita juga dianjurkan untuk umroh, alangkah indahnya kalau kita bisa melaksanakan umroh tiap tahun. Apalagi nih ye, bisa memberangkatkan orang yang kita cintai dan kasihi ke Tanah Suci (salah satunya orang tua kita sendiri).

6. Perintah berjihad dalam Al-Quran, ada 9x yang diulang-ulang oleh Allah swt dengan menyebutkan jihad bil amwaal dan jihad bil anfus, yani berjihad itu dilakukan dengan harta dan jiwa. Artinya, Jihad sebagai sarana untuk mencapai kejayaan Islam juga membutuhkan harta dan kekayaan yang besar jumlahnya dari kita sebagai ummatnya. Ups, tapi perlu diketahui ya .. Jihad bulan berarti Perang. JIHAD adalah membela kebenaran. Sedangkan Perang adalah QITAL .

7. Ada tiga hal yang dapat memberikan tambahan pahala kepada seseorang sesudah meninggal, tiga hal yang tidak terputus itu adalah anak yang saleh yang mendoakan orang tuanya, ilmu yang bermanfaat serta sedekah jariyah . Semua itu akan lebih mudah didapatkan oleh orang kaya. Itulah sebabnya mengapa orang muslim Harus Kaya. Mereka orang saleh yang kaya secara Jasmani maupun Rohani akan berpeluang mendapatkan pahala lebih besar jika kita bandingkan dengan oranv yang Awwam…

8. Islam mengakui bahwa diantara sumber kebahagiaan manusia dalam hidupnya di dunia adalah rumah yang luas dan kendaraan yang nyaman. Rumah dan kendaraan ini bisa kita dapatkan kalau kita memiliki harta yang cukup. Agar kita dan orang yang membutuhkan bisa berteduh dari panas dan hujan, menetap di satu tempat dan tidak berpindah-pindah. Dengan menetap di suatu tempat kita juga akan memiliki basis masyarakat untuk berdakwah.

9. Harta merupakan satu dari 5 hal yang menjadi kebutuhan pokok manusia dan dilindungi oleh syariat Islam (agama-akal-harga diri-keturunan dan harta). Dalam kajian ilmu Ushul Fiqh dijelaskan bahwa
“Maqaasidu asy-syariah atau tujuan diturunkannya syariah Islam adalah untuk melindungi adz-dzoruriyyatul khoms. (lihat yang menjadi kebutuhan dasar manusia: Agamaakalharga diriketurunan dan harta).”

Mislanya, Islam melarang mengkonsumi khamr karena hal ini dapat merusak akal, Islam melarang mencuri karena hal ini mengganggu harta orang lain.

10. Dengan banyaknya harta yang kita miliki maka peluang untuk menjadi hamba yang bersyukur akan makin besar, bersyukur akan menjadi hal yang mudah bagi seorang muslim yang saleh dan kaya.

Inilah beberapa alasan mengapa kita harus kaya.

 Allah Subhanahu wata’ala  berfirman yang Artinya : Dan sungguh telah Kami tulis di dalam Zabur, sesudah Kami tulis di dalam Lauhul Mahfudz, bahwasanya bumi ini diwarisi oleh hamba-hambaKU yang saleh. (QS Al-Anbiyaa 21:105). 

Menurut ayat ini, siapakah yang berhak mewarisi dan menjadi khalifatullah (wakil Allah ) di bumi untuk mengelola alam semesta? Siapakah yang lebih berhak untuk menjadi pemimpin di bumi ini? Siapakah yang berhak menjadi konglomerat dan menguasai perekonomian di dunia ini? Orang-orang saleh bukan ??

Rasulullah Sallallahu ‘alayhi wasallam  bersabda: 

Wahai ‘Amru (bin ‘ash) Sebaik-baik harta yang saleh adalah yang berada pada orang yang saleh[i] . (HR Ibnu Hibban)

[i] Hadits ke 3.210.Volume VIII hal 6. Hadits ini juga diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam kitab Al-Musnad, Imam Baihaqi dalam kitab Syu’abul iman dan kitab Al-aadab.

Inilah beberapa sebab mengapa seorang muslim harus kaya. Hadits-hadits yang menjelaskan keutamaan orang-orang miskin, yang saya pahami (wallahu alam) bukan berarti memerintahkan agar kita menjadi miskin, akan tetapi itu adalah perintah agar kita membantu, menghormati dan tetap menghargai orang-orang miskin. Secara global jumlah orang miskin itu jumlahnya lebih banyak dibanding dengan orang kaya.

Sepuluh Alasan

Nah, gimana? Sudah semakin mantap memulai bisnismu segera? Mumpung masih muda dan berstatus sebagai mahasiswa/santri, persiapkan masa depan dan suksesmu saat ini juga!

“Tangan diatas

LEBIH

BAIK  dari tangan dibawah”  

Salam sejahtera ..

(Mohon kritik saran jika ada kesalahan)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s